Tiim Penilai Komisi AMDAL DLH Sulteng, Rapat Pembahasan Dokumen PT Aquila Sponge Nickel

Sobat 62, Tim Teknis Komisi Penilai Amdal Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan rapat penilaian kerangka acuan andalasis dampak lingkungan (Andal), terkait rencana pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian bijih nikel dan sarana pendukung lainnya, oleh PT Aqua Sponge Nickel, Rabu 12 Februari 2020 di kantor Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tengah.

Rencananya, perusahaan tersebut akan beroperasi di desa Uelere, desa Baho Moahi, desa Baho Motefe, kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Rapat tersebut dipimpin Ketua Tim Teknis Komisi Penilai Amdal Sulawesi Tengah, Ir Abd Rahim dan sekretaris Andi Ramadani, serta dihadiri pemrakrsa, konsultan pemrkarsa dan pakar yang tergabung dalam tim teknis komisi.

Sesuai mekanisme tata kerja Komisi Penilai AMDAL sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, kegiatan penyusunan dokumen AMDAL PT Aquila Sponge Nickel ini dilaksanakan pemeriksaan dan penilaiannya oleh Komisi Penilai AMDAL Provinsi Sulawesi Tengah.

PT Aquila Spnge Nickel merupakan perusahaan swasta dengan status penanaman modal asing (PMA) berkedududukan di Jakarta, yang akan membangun semleter tambang bijih nickel untuk menghasilkan produk ferronickel (nickel pig iron – npi) kapasitas 153 ribu ton per tahun.

Untuk melengkapi p[ersyaratan perizinan pembangunan smelter tersebu, manajemen PT Aquila Sponge Nickel selaku pemrakarsa dan penanggung jawab kegiatan akan melaksanakan kajian Amdal dan proses izin lingkungan guna memenuhi ketentuan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang OSS Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik. (*)

Tinggalkan Balasan