Dosen Sainstek USN Kolaka Sosialisasi Aktualisasi

Pimpinan Fakultas Sainstek USN Kolaka menyerahkan tumpeng kepada dosen usai sosialisasi program dan kegiatan, Rabu (2/9/2020). Sosialisasi tersebut merupakan tahapan dari aktualisasi peserta latsar CPNS tahun 2020 BPSDM Sultra di Kendari. Foto kiriman: Phradiansah


Sebanyak enam orang dosen Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) Universitas Sembilanbelas November Kolaka menyosialisasikan program dan kegiatan mereka, Rabu (2/9/2020). Sosialisasi tersebut merupakan tahapan akhir dari aktualisasi sebagai peserta latihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020.

Kegiatan berlangsung di auditorium Fakultas Sainstek USN Kolaka, Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan dihadiri pimpinan fakultas, ketua-ketua program studi (prodi), dosen dan mahasiswa lingkup fakultas.

Dosen prodi teknik pertambangan, Rizki Kumalasari,S.T.,M.T  menyampaikan programnya melalui penyediaan standardisasi laporan kerja praktek mahasiswa Fakultas Sainstek. Megawati, S.Si.,M.Si memaparkan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan model praktikum biokimia, program studi kimia. Dosen teknik perkapalan Azhar Aras Mubarak,S.T.,M.T tak ketinggalan dengan pembuatan standar operasional prosedur (SOP) magang berbasis konsep merdeka pada prodi teknik perkapalan.

Giliran Arif,S.T.,M.T yang menyampaikan penyusunan buku pedoman tugas pokok dan fungsi dosen dan tenaga kependidikan di lingkup Fakultas Sainstek USN Kolaka.

Sedangkan dosen muda berbakat, Al Tafakur Laode, S.T.,M.T menjelaskan poin penting seputar penyusunan SOP praktikum perkerasan jalan pada prodi teknik sipil.  Pembicara terakhir, Syahrul, S.Si.,M.T, menjelaskan penerapan model praktikum online mata kuliah geologi struktural di masa pandemi Covid-19 pada prodi teknik pertambangan.  

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sainstek, Rina Rembah, S.T.,M.T  mengapresiasi program dan kegiatan yang telah dirancang untuk menunjang perkuliahan pada masing-masing prodi dan organisasi di tingkat fakultas. Ia pun memberikan sejumlah catatan. Berkaitan dengan SOP yang akan diterapkan dalam mata kuliah, ia menilai bersifat wajib bagi mahasiswa, tidak lagi disebutkan sebagai opsional, kecuali SOP yang disusun tersebut untuk mata kuliah pilihan.

Untuk dosen yang merancang aktualisasi terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dosen dan tendik Fakultas Sainstek, ia pun berharap tupoksi tersebut dapat diterjemahkan pada bagan struktur fakultas. Terakhir, ia menyarankan panduan, pedoman, atau SOP yang disusun tetap merujuk pada peraturan universitas sebagai dasar hukum, tidak semata-mata mengadopsinya dari kampus lain. “Saya pikir itu, sukses untuk semua,” katanya.

TANTANGAN DI MASA PANDEMI

Salah satu bentuk inovasi praktikum yang memanfaatkan sosial media mahasiswa. Foto kiriman: Syahrul

Kepada wartawan yang mencegatnya usai kegiatan, Syahrul mengatakan di masa pandemi Covid-19 saat ini, pratikum secara manual menjadi suatu tantangan bagi dosen dalam melaksanakan perkuliahan, karena itu diperlukan  adanya  inovasi dan kreativitas dosen.  Salah satunya adalah pemanfaatan sosial media mahasiswa untuk menjalankan praktikum. Mewakili rekan-rekannya, Syahrul mengatakan rangkaian aktualisasi yang baru saja dirampungkan itu sekiranya memberikan kontribusi untuk kemajuan USN Kolaka  di masa depan.

Terimakasih pula ia ucapkan atas dukungan sejumlah pihak dalam aktualisasi tersebut. Kepada Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari,S.STP.,M.Si; Dekan Fakultas Sainstek Fachryano, S.T., M.T dan jajaran pimpinan fakultas dan prodi, serta pimpinan, widyaiswara dan jajaran pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Tenggara di Kendari. “Secara khusus, terimakasih atas bimbingan dan arahan dari coach Ir. H. Amir Ma’sum,” tandas alumnus Institut Teknologi Bandung ini.  

Fakultas Sainstek USN Kolaka saat ini memiliki delapan prodi, yakni prodi kimia, matematika, farmasi, keperawatan, teknik mesin, teknik perkapalan, teknik pertambangan, dan teknik sipil. ***

One thought on “Dosen Sainstek USN Kolaka Sosialisasi Aktualisasi

Tinggalkan Balasan