Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng Bahas Dokumen Lingkungan PT ATI

Palu – Dalam waktu dekat, PT Anugerah Tambang Industri (PT ATI), perusahaan modal asing sektor pertambangan nikel akan menanamkan modalnya di Morowali. Perusahaan tersebut akan membangun dua smelter skala besar.

Dokumen lingkungan perusahaan tersebut tengah dibahas Tim Teknis Komisi Penilai Andal Provinsi Sulteng. Dokumen tersebut merupakan satu bagian dari dokumen pengurusan dokumen AMDAL sebagai diatur dalam UU Lingkungan Hidup Nomor 32 tahun 2009.

Rapat virtual membahas dokumen lingkungan PT ATI, Rabu 30 September 2020.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng Sadly Lesnusa, mengatakan di PT ATI akan membangun smelter dengan skala besar. “Maka sebelum beroperasi, dokumen lingkungannya harus beres,” kata Sadly, usai rapat di kantor Dinas Lingkungan Hidup, Rabu (30/9).

Dalam pembahasan oleh tim teknis, perusahaan tersebut nantinya beroperasi di luar kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Sehingga di Morowali kedepan ada tiga perusahaan besar yang aktif mengelola fero nikel yaitu PT IMIP dan PT Transon. PT IMIP diketahui memiliki puluhan tenan (anak perusahaan). Begitu juga dengan PT ATI akan memiliki beberapa tenan di kawasannya. Perusahan-perusahaan ini mengola WIUP dengan skala ribuan hektar.

Pembahasan tersebut juga mengundang masyarakat sekitar dan dinas terkait baik lingkup Pemda Morowali dan lingkup Pemprov Sulteng. Rapat dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom karena sedang dalam pandemi Covid-19. (*)

Tinggalkan Balasan