Direktur STTD Perhubungan Langsung Pantau Calon Taruna Perhubungan Sulteng

Kementerian Perhubungan menyediakan 14 kuota bagi putra dan putri daerah Sulawesi Tengah, untuk menjadi ahli transportasi darat pada tahun 2020 ini.

Seleksi telah berlangsung seleksi psikotes dari calon taruna dan taruni, yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palu, 14 Oktober 2020.

Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Hindro Surahmat, memantau langsung pelaksanaan tahapan psikotes ini. Tahapan seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) ini, diikuti oleh 44 orang. Sesuai kuota, hanya 14 taruna dan taruni yang diterima pada tahun 2020.

Seleksi taruna perhubungan kuota Sukteng di SMKN 1 Palu, 14 Oktober 2020.

Hindro, mengatakan, penerimaan taruna dan taruni perhubungan tahun ini, keseluruhan kuota diperuntukkan untuk pemerintah kabupaten dan kota yang telah menjalin kerja sama. Rincian peruntukkan kuota tersebut, antara lain: 3 orang dari Kabupaten Banggai Kepulauan, 3 orang dari Parigi Moutong, 4 orang dari Kota Palu, dan 4 orang dari Provinsi Sulteng.

“Setelah lulus, penempatan mereka akan sesuai dengan pemerintah kabupaten yang telah menjalin kerja sama,” kata Hindro.

Hindro juga mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bangkep telah bekerja sama dengan pihaknya, terkait perekrutan taruna perhubungan sejak 2017.  Dua orang lulusan pertama tahun 2019, akan ditempatkan di Bangkep tahun ini. Dengan jangka waktu kontrak minimal 5 tahun. Taruna ahli transportasi darat yang akan lulus diharapkan memenuhi kebutuhan SDM perhubungan yang minim di berbagai daerah.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kabupaten yang melaksanakan kerja sama dengan STTD. Sehingga kebutuhan SDM perhubungan di daerah kepulauan, terpencil dan terluar dapat terpenuhi,” ujar mantan Kadis Perhubungan Sulteng ini. (62)

Tinggalkan Balasan