Wakil Gubernur Sulteng Membuka Kejurda Panahan ke-3 Sulteng Tahun 2020

Wakil gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palabi menyerahlan piala bergilir gubernur Sulteng kepada Ketua Pengprov Perpani Sulteng Danny Syamsu Wawolumaja untuk diperebutkan pada Kejurda Panahan ke-3 Sulteng tahun 2020, di lapangam panaham STQ Palu, Jumat (20/11/2020)
Panitia pelaksana dan Pengprov Perpani Sulteng di arena panahan STQ.

Palu, Sport Sulteng – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg Palabbi membuka kejuaraan daerah (Kejurda) panahan ke-3 tahun 2020, di lapangan panahan STQ Palu, Jumat (20/11). Pembukaan kejurda panahan diihadiri Kapolda Sulteng yang diwakili Kombes Pol Drs Suliono, Kadis Pora Sulteng Irvan Aryanto, KONI Sulteng yang diwakili DR. Humaedi M.Pd Ketua Bidang Lirbang KONI Sulteng.

Pada rangkaian kejurda dilakukan uji coba memanah bagi tamu undangan. Wagub Sulteng Rusli Palabi dan Kombes Suliono yang kali pertama mencoba memanah, penasaran pada olahraga tertua sejarah peradaban manusia ini. Setelah beberapa melepaskan anak panah, barulah bisa mencapai target.

Rusli mengatakan, memanah itu mengasyikan dan membutuhkan konsentrasi. Ia meyakini atlet atlet memanah Sulteng kedepan bisa membawa nama harum Sulteng bahkan Indonesia di pentas dunia. Pemerintah Provinsi Sulteng, kata Rusli turut mensupport olahraga panahan demi prestasi olahraga di daerah.

Sementara Kombes Suliono mengatakan dari hasil uji coba memanah ia yakin bisa menguasai panahan.

“Ini saya baru pertama kali mencoba memanah. Kedepan saya pasti bisa dengan hasil memuaskan,” kata Suliono.

Wakil gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palavi mencoba memanah.

Ketua Perpani Sulteng Ir Danny Syamsu Wawolumaja mengatakan kejurda olahraga panahan dilaksanakan ketiga kalinya di Sulteng. Meski seumur jagung, atlet panahan Sulteng bisa memberikan hasil maksimal bagi daerah. Ia menargetkan, Perpani Sulten bisa mengirimkan atlet pamahan pada PON 2024 mendatang.

“Kita Pra PON tahun ini tidak lolos PON. Namun pada pra kualifikasi PON kita berada di urutan yang tidak terlalu jauh. Dan kita optimis kedepan panahan akan ambil bagian Pada PON mendatang,” kata ketua LPJK Sulteng ini.

Atlet panahan putri Sulteng.
Ketua Pengprov Perpani Sulteng Ir Danny Syamsu Wawolumaja

Kejurda Panahan ke-3 Sulteng terselenggara berkat dukungan dari KONI Sulteng dan Pemerintah Provinsi Sulteng. Serta kinerja panitia pelaksana dan Pengprov Perpani Sulteng dan Pengkab Perpani di daerah.

Ketua Panitia Pelaksana DR Gunawan SOr MOr IFO, mengatakab kejurda panahan kali ini mempertandingkan lima divisi yaitu standar nasional U-13, standar nasional U-23, recurve putra dan putri, compound putra dan putri serta devisi barebow putra dan putri. Diikuti 83 atlet dari kabupaten Poso, Parigi, Kota Palu dan Tojo Unauna.

Panitia mempertandingkan divisi khusus pelajar pada divisi standar nasional U-13. Harapannya dari pemanah junior ini akan lahir atlet panahan berbakat yang berprestasi di iven nasional dan internasional seperti harapan Wakil Gubernur Sulteng. (*)

Atlet junior panahan pada kejurda panahan Sulteng.

Tinggalkan Balasan